Cara Cek dan Tambah Freon

Cara Cek dan Tambah Freon

Cara Cek dan Tambah Freon

Pemilik tentunya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Freon. Freon menjadi salah satu komponen utama dalam mendinginkan ruangan. Tanpa adanya freon, tentunya AC tidak bisa berjalan dengan semestinya dan membuat ruangan tidak menjadi dingin. Jadi anda juga perlu memperhatikan freon yang terpasang di AC. Seperti mengeceknya secara berkala, mengisi ulang, dan lain sebagainya.

Banyak orang yang merasa bingung, bagimana sih cara cek dan tambah freon dengan benar? sebenarnya untuk mengetahui freon sudah habis itu sangatlah mudah. Tutorial atau cara itu bisa anda temukan di artikel sebelumnya. Namun di artikel kali ini, saya akan membahas mengenai cara cek dengan mudah berdasarkan artikel sebelumnya yang kami ringkas disini.

Keunggulan Tempat Service Ac di Kota Depok

Cara Cek dan Tambah Freon dengan Mudah

Setidaknya ada 7 cara cek freon AC, apakah itu sudah habis atau belum. Cara mengeceknya pun cukup mudah. Anda tidak harus membutuhkan tukang AC, pasalnya tanda tanda AC habis bisa dilihat dari beberapa indikator yang bisa anda lihat. Berikut ini adalah cara cek freon AC yang sudah mulai habis.

AC Bocor

Indikator pertama yang paling mudah adalah AC anda mulai bocor. AC bocor diakibatkan karena adanya bongkahan es pada pipa evaporator. Hal ini menandakan jika tekanan freon di AC kurang dan harus ditambah freon lagi supaya tekanan bisa menjadi stabil.

AC Tidak Dingin

Cara kedua ialah mengetahui bagaimana kondisi AC tersebut. Jika AC anda mulai tidak dingin, berarti itu menandakan jika freon AC anda habis. Karena salah satu fungsi freon adalah untuk mendinginkan suhu ruangan. Ketika suhu sudah tidak dingin lagi, anda bisa segera mengisi ulang freon.

Komponen AC yang Ada di Luar Tidak Panas

Biasanya AC yang berada di outdoor atau komponen yang berada di luar ruangan itu panas. Tapi di kasus freon yang habis, komponen ini tidak panas malah cenderung biasa saja. Oleh karena itu, lakukanlah pengecekan pada bagian ini secara berkala.

Lampu Indikator Berkedip

Di beberapa merk AC, lampu yang ada di indoor akan berkedip. Hal itu menandakan terjadinya sinyal error yang diterima oleh IC mikroprosesor dari sensor motor fan, suhu, dan tekanan. Jika sudah begini, salah satu penyebabnya ialah freon AC mulai habis.

Biaya Listrik Mulai Naik

Apabila anda sudah merasakan pembengkakan biaya listrik padahal pengeluaran penggunaannya masih biasa biasa saja, anda harus berwaspada. Pasalnya freon sudah mulai habis karena AC harus bekerja dengan ekstra untuk mendinginkan ruangan.

Mulai Keracunan Freon

Tanda tanda anda mengalami keracunan freon adalah pusing, mual, mata iritasi, dan lain sebagainya. Jika anda sudah mengalami tanda awal ini, anda harus segera mengecek isi freon. Jika freon sudah mulai habis, anda harus mengisinya ulang supaya AC dapat digunakan secara optimal.

AC Hidup Mati Terus Menerus

Sebenarnya tidak semua AC akan mengalami masalah seperti ini. Tapi jika AC anda sudah mulai mengalami hidup mati, maka anda harus segera mengisi ulang freon. Pasalnya freon sudah mulai habis. Tanda tanda ini juga dibarengi dengan AC akan mengeluarkan bau aneh.

harga bersihin ac

Cara Tambah Freon dengan Mudah

Buat anda yang tidak ahli dalam urusan AC, anda bisa gunakan jasa tambah freon dari Rafif Teknik. Tapi jika anda memiliki freon sendiri dan siap digunakan untuk isi ulang, anda bisa mengikuti petunjuk dibawah ini. Penjelasan ini tidak hanya untuk anda yang ingin isi ulang freon sendiri, tapi juga untuk anda para teknisi yang ingin bekerja di bidang service AC.

Pasang Manifold ke Kompresor

Perama yang harus anda lakukan ialah melepas penutup pentil yang ada pada kompresor yang terletak di outdoor. Pasang selang manifold ke kompresor yang sudah dibuka itu. Pastikan ukuran selang pas sehingga gas freon bisa masuk secara optimal.

Jika freon anda berjenis R32 atau R410, maka gunakanlah sambungan ujung manifold. Pastikan ukuran pentil pada AC sama dengan jenis freon yang akan hendak diisikan. Untuk ukuran selang yang lebih besar, biasanya freon yang berjenis R22. Pastikan juga anda harus memasangnya dengan tepat. Jika tidak, jarum tidak akan bergerak.

Lakukanlah Pengisian Secara Perlahan

Setelah semuanya dilakukan dengan benar, selanjutnya anda bisa melakukan pengisian secara perlahan. Bukalah katup manifold, perhatikan pula jarum manifold akan bergerak naik. Lakukanlah pengisian secara perlahan, biasanya pada tekanan 30 – 40 psi, pipa AC akan mengeluarkan bunga es. Baru kemudian setelah diatas 40 psi, bunga es akan hilang.

Sesuaikanlah Tekanan AC dengan PK dan Ampere Kompresor

Sesuaikan tekanan freon yang diisikan dengan PK atau ukuran AC. Jika AC yang anda isi berukuran Ā½ PK, maka isilah hingga tekanan menyentuh 60 – 70 psi. Jika AC berukuran 1 PK, maka isilah hingga freon bertekanan 80 – 90 psi.

Perhatikan pula ampere pada kompresor. Jika anda tidak memperhatikan dan ampere melebihi batas, maka kompresor akan overload dan putus. Gunakanlah standar yang berlaku di buku tutorial pengisian freon AC. Jika anda mengisi dengan freon R410 dan R32, maka anda harus memvakumkan terlebih dahulu.

Demikian adalah artikel penjelasan mengenai cara cek dan tambah freon. Pastikan anda harus mengetahui kapan freon habis dan kapan freon harus diisi ulang. Hal ini dimaksudkan agar performa artikel dapat terjaga dengan baik. Sehingga AC anda akan awet dan terhindar dari kerusakan.

Open chat
1
Hello,
ada yang bisa kami Bantu?