Home » Cara Memasang Baru / Bekas

Cara Memasang Baru / Bekas

Teknik Memasang AC Baru dan Bekas tanpa Bantuan Seorang Teknisi

Penting sekali bagi kita untuk mengetahui teknik memasang AC baru dan bekas tanpa bantuan seorang tukang servis AC. Karena dapat kita tahu sendiri, apabila sembarangan dalam memasang AC dapat membuat kinerja AC tidak berjalan dengan baik, sehingga menyebabkan AC akan mudah rusak. Tentunya dengan model pemasangan yang rapi dan tanpa merusak pemandangan.

Meskipun telah banyak perusahaan jasa dalam menyewakan seorang teknisi maupun sudah menjadi satu paket ketika membeli AC baru. Hal seperti ini juga tidak bisa Anda harapkan begitu besar, jikalau sewaktu-waktu AC mengalami ngadat atau atau apapun yang dapat menggangu kinerja AC tersebut. Karena itu, tidak ada salahnya untuk mengetahui dan menguasai cara memasang AC baru & bekas untuk diterapkan dalam perabotan Anda sendiri.

LangkahLangkah yang Harus Dilakukan dalam Memasang AC Baru dan Bekas dalam Rumah

  1. Mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan

Karena tanpa adanya peralatan yang mencukupi sama halnya Anda merusak AC tersebut. Peralatan yang harus Anda penuhi adalah tangga lipat atau biasa, duct tape (lakban non lem), bracket, dinabol, flaring, pipa AC, pemotong pipa AC, kabel penyambung arus listrik, serta kunci dan obeng-obeng yang dibutuhkan.

 

  1. Mencari tempat pemasangan AC indoor terbaik

Dengan memilih tempat pemasangan indoor terbaik Anda harus meletakkan di tempat yang tepat. Selain sebagai pendingin ruangan, Anda juga harus bisa melihat keadaan di sekitarnya. Sudah sesuai atau belum, setidaknya memilih tempat di dinding yang kuat, dan berjarak 2,13 meter dari lantai. Agar pendinginan yang dilakukan bisa teratur dengan baik.

 

  1. Memasang bracket

Memasang bracket ini harus memiliki teknik khusus agar bracket yang dipasang tidak mudah lepas serta harus memperhatikan pemilihan tempat yang sesuai tadi. Diusahakan untuk tidak menaruhnya secara miring agar memudahkan kinerja dari AC sendiri.

 

  1. Melubangi tembok sebagai tempat untuk pipa

Setelah menancapkan bracket, Anda bisa langsung membuat lubang di tembok yang digunakan sebagai sambungan pipa indoor ataupun outdoor. Anda bisa melakukannya dengan menggunakan palu tatah atau linggis untuk membuat lubang yang pas di dinding.

 

  1. Memasang kabel

Setelah Anda melubangi tembok, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah memasang kabel yang berfungsi sebagai aliran arus listrik AC indoor ataupun outdoor. Hal yang harus Anda perhatikan adalah pemasangan kabel negatif dan positif agar tidak tertukar.

 

  1. Memasang AC indoor

Untuk pemasangan AC indoor ini, Anda bisa tempatkan dalam bracket yang telah Anda siapkan. Perhatikan juga mengenai masalah kabel agar bisa ditempatkan dengan baik pada lubang yang telah dibuat. Serta gunakan duct tape agar rapi dan membantu dalam memasukkan pipa kabel ke lubang yang disediakan.

 

  1. Memasang AC outdoor

Pemasangan AC outdoor ini sebaiknya Anda letakkan di bagian AC yang tidak terlalu jauh dari unit AC indoor, agar terlihat lebih rapi dilihat.

 

  1. Menyambungkan kabel dan pipa

Setelah kedua unit AC terpasang langkah selanjutnya adalah dengan menyambungkan kabel dan pipa yang telah dipotong sesuai dengan kebutuhan. Setelah itu, sambungkan kedua kabel dari AC indoor dan AC outdoor tersebut. Untuk lebih berhati-hati berilah peralatan pengaman.

 

  1. Tahap percobaan

Tahap ini merupakan finishing dari pemasangan AC baru maupun bekas ini. Tahapan terakhir adalah dengan memasang kabel power yang ada dalam kardus tersebut pada stop kontak terdekat.

Dengan mengetahui cara memasang AC baru & bekas, Anda dapat memperbaiki sendiri kerusakan dalam penempatan AC yang memengaruhi kinerja AC itu sendiri. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot-repot memanggil seorang teknisi.

Open chat
1
Hello,
ada yang bisa kami Bantu?
Powered by