Home » Cara Pasang Ac di Kamar

Cara Pasang Ac di Kamar

Butuh AC untuk di Kamar? Begini Cara Pasangnya

cara pasang ac di kamar

Sekarang AC adalah fasilitas penting yang hampir dibutuhkan setiap orang. Dengan tingkat kepentingannya yang semakin tinggi, AC ini pun menjadi semakin dibutuhkan. Tapi karena kurangnya pengetahuan, kebanyakan orang belum mengetahui cara pasang AC di kamar. Karena itu, uang dalam jumlah besar untuk membayar tukang pun perlu dikeluarkan.

Daripada terus membayar tukang saat hendak memasang AC, akan lebih baik jika mengetahui terlebih dahulu tentang cara pasang AC itu sendiri. Lagipula, caranya cukup mudah dan tidak akan menyulitkan Anda. Jika Anda masih belum mengetahui tentang cara memasang AC ini, ikutilah tahapan tahapan yang akan kami berikan. Karena dengan itu, Anda pun bisa memasang AC sendiri tanpa membayar tukang.

Tahapan Cara Pasang AC di Kamar

  1. Lokasi AC

Saat memasang AC, tidak hanya satu benda yang perlu ditempatkan. Memang, terdapat AC indoor dan outdoor yang masing-masingnya perlu ditempatkan dengan baik. Usahakan agar kedua lokasi itu berdekatan. Itu karena terdapat saluran yang perlu dihubungkan antara keduanya sehingga akan cukup sulit jika jaraknya jauh.

  1. Bracket AC Indoor

Selanjutnya, pasangkan lah bracket AC Indoor. Jika Anda belum mengetahui, bracket ini berfungsi untuk dudukan AC itu sendiri. Ketika memasangnya gunakan lah paku agar bracket tersebut tidak terlepas dari tembok. Selain itu, pastikan jika bracket yang dipasangkan lurus. Itu karena, bracket yang miring bisa membuat AC tidak terpasangkan dengan sempurna.

  1. Buat Lubang pada Tembok

Saat memasangkan AC, biasanya lokasi AC indoor akan berseberangan di tembok. Untuk itu, lubangilah tembok tersebut untuk membuat jalan keluar bagi saluran. Ingat, pastikan lubang tembok itu memiliki diameter lebih dari 4 cm. Dengan itu, saluran dari AC indoor dan outdoor pun tidak akan sulit untuk dipasangkan.

  1. Pasangkan Kabel AC Indoor

Selanjutnya, jangan lupa juga untuk memasangakan kabel AC indoor. Untuk memasangkannya pun cukup mudah. Pertama, buka penutup kecil yang terletak di sebelah kanan AC indoor. Untuk membukanya, gunakan lah obeng plus dengan ukuran yang sedang. Untuk patokannya, kabel negatif adalah yang berwarna coklah dan kabel positif adalah yang berwarna biru.

  1. Pasangkan AC Indoor

Selanjutnya, pasangkan AC indoor tersebut. Untuk memasangkannya pun cukup mudah karena cukup dengan menempatkannya pada bracket yang telah disiapkan. Tapi selain itu, jangan lupa juga untuk memasukkan saluran pembuangan, pipa, dan kabel listrik menuju saluran AC indoor yang telah dibuat sebelumnya.

  1. Pasangkan AC Outdoor

Jika AC Indoor telah terpasang, langsung lah berpindah tempat dan pasangkan AC outdoor. Untuk teknis memasangkannya pun sama karena diharuskan menempatkan bracket terlebih dahulu. Lalu, barulah AC outdoor bisa ditempatkan.

  1. Potong Pipa Kapiler

Selanjutnya, potonglah pipa kapiler menjadi 2 bagian. Singkatnya, sesuaikan potongan tersebut dengan jarak antara AC indoor dan outdoor. Lalu jangan lupa juga untuk menggabungkannya. Untuk hasil penggabungan yang baik, gunakanlah teknik pliring sehingga salah satu ujung pipa tersebut menjadi lebih besar. ingat, jangan terlalu besar juga karena bisa menyebabkan kebocoran.

  1. Pasangkan Pipa Kapiler

Setelah penyambungan pipa kapiler berjalan sempurna, pasangkan lah pada AC Indoor. Untuk pemasangan ini cukup mudah karena hanya perlu menempelkannya pada freon. Tapi ingat, freon ini akan bocor jika penyambungan yang dijelaskan sebelumnya tidak sempurna.

  1. Pasangkan Juga ke AC Outdoor

Sambungan pipa kapiler itu tidak hanya harus disambungkan ke AC Indoor. Penyambungannya ke AC Outdoor juga wajib. Untuk Anda yang belum mengetahui tentang cara penyambungan tersebut, bukalah dahulu bagian atas AC dengan menggunakan obeng plus lalu barulah sambungan tersebut bisa dimasukkan.

  1. Masukkan ke Stop Kontak

Sebenarnya, di sini semua telah selesai. Tapi untuk menyalakan AC, tentu kabel di AC indoor perlu dipasangkan terlebih dahulu ke stop kontak. Untuk itu, masukkan lah kabel ke stop kontak dan coba nyalakan AC. Dengan itu, dapat dipastikan bahwa AC tersebut akan nyala dengan sempurna dan tahapan ini pun selesai.

Kami pastikan, kesulitan dalam cara pasang AC di kamar tidak akan didapat jika tahapan yang kami berikan dilakukan dengan baik. Namun sebaliknya, akan terdapat masalah pada pemasangan AC tersebut jika tahapan yang kami berikan tidak diperhatikan dengan baik.

Open chat
1
Hello,
ada yang bisa kami Bantu?
Powered by