Kolam Ikan Koi Minimalis. 

Punya rencana untuk membangun kolam ikan koi minimalis?

Tenang, kini telah hadir Rafif Teknik yang telah berpengalaman di bidangnya.

Saat anda ingin membuat kolam ikan, tentunya ingin di tangani oleh Orang yang benar2 menguasai struktur pembuatan kolam dan mengerti sirkulasi /airasi di kolam.

Banyak Orang Melakukan KESALAHAN saat ingin membuat Kolam Ikan, di antaranya:

  • Bentuk Kolam tidak Sesuai keinginan
  • dalam waktu dekat Kolam jadi Bocor
  • Air Kolam Sering Keruh & Berbusa
  • Air Tidak Normal mengeluarkan Bau
  • Ikan Sering Mati & Berjamur (sakit)
  • Sirkluasi Air tidak Lancar

Semua permasalahan itu tidak akan terjadi jika di tanganinya atau di kerjakan oleh Spesialis Jasa pembuatan Kolam Ikan Rafif Teknik.

Dalam sebuah rumah, salah satu hiasan yang sering nampak adalah Taman & kolam ikan Setiap orang, pasti memiliki karakteristik tersendiri mengenai kolam ikan Hias / Koi yang dibangun. Ada yang memang senang dengan konsep minimalis, dan ada juga yang suka dengan konsep yang penuh makna.

Ketika menginginkan kolam ikan Hias koi, bagi orang awam tentu tak bisa membangunnya secara mandiri. Butuh bantuan dari kontraktor untuk membangunnya secara presisi. Jika Anda sedang mencari kontraktor Pemubatan Kolam Ikan minimalis, gunakan saja jasa kami Rafif Teknik yang telah berpengalaman dan terpercaya.

Hal Penting Ketika Membangun Kolam Ikan Koi Minimalis

Kolam ikan koi bisa ditempatkan di mana saja, tergantung dari besaran atau luas kolam yang ingin dibuat. Tentu, semakin luas kolam yang diinginkan, maka luas lahan yang diperlukan akan semakin besar.

Begitu juga dengan anggaran biaya, kolam yang kecil dan besar tentu memiliki perbedaan yang signifikan. Nah, pada artikel ini Rafif Teknik akan memberikan beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membangun kolam ikan minimalis. Simak informasinya secara menyeluruh, ya!

  1. Perkiraan Luas Kolam

Seperti yang sudah dibahas di awal, bahwa setiap kolam pasti punya perbedaan mengenai ukuran. Tergantung pada keinginan dari orang yang membangunnya.

Untuk itu, kami sajikan kepada Anda sedikit gambaran ukuran atau luas kolam beserta estimasi anggaran yang harus dikeluarkan.

  • 2 sisi dinding ukuran 2 x 1 m = 4 m2
  • 2 sisi dinding ukuran 3 x 1 m = 6 m2
  • Luas lantai kolam 2 x 3 m = 6 m2
  • Total luas kolam = 4 + 6 + 6 = 16 m2
  • Harga per satuan luas bidang = Rp1.500.000 s/d Rp2.000.000
  • Total anggaran biaya = 16 m2 x Rp1.500.000 = Rp24.000.000

Perlu diketahui, estimasi biaya pembangunan yang kami cantumkan di atas ini sudah termasuk dengan pembelian bahan material dan gaji tukang selama bekerja.

Harga Jasa Kolam Ikan Koi Minimalis

Dengan perkiraan luasan kolam beserta anggaran, setidaknya telah memberikan Anda sedikit gambaran mengenai berapa besar biaya yang harus dikeluarkan. Pada poin kedua ini, kami akan berikan lagi estimasi anggaran mengenai harga pembangunan per m2.

No.

Panjang x Lebar (m)

Tinggi (m)

Harga per m2

Estimasi Biaya

1

1 x 2

1

Rp1.500.000

Rp12.000.000

2

1 x 3

1

Rp1.500.000

Rp16.500.000

3

2 x 3

1

Rp1.500.000

Rp24.000.000

4

2 x 4

1

Rp1.500.000

Rp30.000.000

5

3 x 5

1

Rp1.500.000

Rp46.000.000

Kuantitas dan kualitas yang digunakan dalam pembangunan kolam ikan minimalis, juga tak jauh berbeda dari segi harga. Perbedaan hanya terdapat pada berapa besar kolam yang akan dibangun, semakin luas maka anggaran yang dibutuhkan semakin besar.

  1. Tema Kolam

Ketika Anda memelihara ikan koi, sebenarnya bisa saja menggunakan aquarium yang terbuat dari kaca. Namun, kelemahan dari aquarium sendiri terletak pada ukurannya yang terlalu kecil, sehingga terkadang membuat ikan mudah stress dan akhirnya mati.

Berbeda dengan kolam ikan yang dibangun di sekitar rumah, baik itu di depan atau belakang rumah, tentunya luas kolam jauh lebih besar dibanding dengan aquarium. Selain itu, perawatan pada kolam juga sangat mudah.

Ketika Anda ingin membangun kolam, salah satu hal penting lainnya yang harus Anda perhatikan adalah tema kolam. Tema kolam sebenarnya tidak ada pakem yang jelas, tergantung dari kreativitas atau permintaan dari si pembuat.

Untuk memberikan Anda wawasan mengenai tema kolam, berikut adalah rekomendasi tema kolam ikan terbaik versi Rafif Teknik.

  • Kolam Minimalis

Saat ini, kolam ikan koi minimalis menjadi salah satu tema yang paling sering diadopsi ketika membangun kolam ikan. Baik kolam ikan hias atau koi, atau kolam ikan lainnya.

Desain minimalis kini memang menjadi primadona di berbagai sektor, baik desain perumahan, kolam, dan lain sebagainya. Ketika kolam menggunakan desain ini, tentunya akan terlihat lebih ringkas dan sedap dipandang mata.

Pada umumnya, bahan material yang digunakan biasanya seperti kaca, beton, batu alam, atau bahan tambahan lainnya. Meski tidak ada pakem, kombinasi bahan material sejatinya tergantung dari setiap pemiliknya.

Untuk menambah kesan minimalis, biasanya dinding terluar yang terdapat pada kolam akan dipasangi kaca tebal. Sehingga ikan-ikan dapat terlihat jelas dari luar dinding kolam.

  • Kolam Nuansa Alam

Pada urutan kedua, tema yang sering diterapkan pada kolam ikan adalah kolam dengan bernuansa alam. Alasannya sangat simpel, banyak orang yang memerlukan hiburan setelah seharian bekerja. Ketika kolam didesain sama seperti nuansa alam terbuka, maka orang yang melihat akan lebih senang, serta dapat menjadi sarana pelepas penat.

Dengan konsep bernuansa alam ini, kolam yang menggunakan tema ini akan dibuat semirip mungkin dengan pemandangan alam seperti air terjun, pantai, atau suasana sejuk di pegunungan.

Bahan material untuk membangun kolam dengan nuansa alam, biasanya seperti batu alam dengan kombinasi ukuran kecil dan besar. Kemudian batu alam tersebut akan ditumpuk dan disusun sedemikian rupa, sehingga memberikan kesan seperti di alam.

  • Kolam Etnik

Jika Anda kurang tertarik dengan dua tema di atas, maka kolam dengan tema etnik bisa menjadi alternatif untuk Anda. Jika menggunakan konsep ini, akan lebih banyak menghabiskan bahan material seperti batu alami sebagai ornamen penghias.

Untuk tampilan kolam dengan tema etnik, biasanya akan dibangun dengan menggambarkan sejarah-sejarah zaman dahulu, atau bisa saja si pemilik yang mendesain secara individu.

Ketika sudah didesain, Anda bisa menambahkan barang tambahan seperti tanaman rambat, sehingga menambah kesan sejuk dan asri. Bisa dibilang, ketika Anda membuat kolam dengan tema etnik semakin luas, maka suasana yang dihasilkan akan semakin berbeda.

  • Kolam dengan Gazebo

Kolam dengan gazebo juga menjadi salah satu alternatif desain kolam Anda. Dengan gazebo yang terletak tepat di tengah kolam, maka Anda bisa menggunakannya untuk tempat bercengkrama dengan keluarga, atau hanya sekadar rebahan ditemani gemercik air kolam yang membuat rileks.

Selain itu, Anda bisa juga memanfaatkan gazebo untuk menjamu tamu yang datang ke rumah. Kami yakin, dengan adanya gazebo yang ada di tengah-tengah kolam akan membuat pengalaman Anda memiliki kolam berbeda dari yang lain.

Segera konsultasikan kebutuhan kolam Anda kepada Rafif Teknik, gali informasi sebanyak mungkin terkait dengan pembangunan kolam ikan koi minimalis kepada tim Rafif Teknik yang telah kompeten di bidangnya.

Bagaimana? Sudah tertarik untuk membangun kolam ikan koi minimalis? Jika Anda ingin mewujudkannya, segera hubungi Rafif Teknik via WhatsApp di nomor 0822-9859-5552 atau kunjungi galeri kami yang beralamat di Jl. Banjaran Permai No.RT01/10, RW.no 132, Cilangkap, Kec. Tapos, Kota Depok, Jawa Barat 16465 sekarang juga!

Workshop : Jl Banjaran Permai No 102 Rt 01/10, Cilangkap – Tapos, Depok.

Open chat
1
Hello,
ada yang bisa kami Bantu?