Home » Cara Vakum Ac

Cara Vakum Ac

Mudahnya Cara vakum AC Sendiri

Salah satu teknik perawatan terbaik pada AC adalah dengan memvakumnya. bisa dibilang, teknik perawatan ini penting. Itu karena, proses ini berupa pengosongan udara di dalam AC yang berfungsi untuk merawat sistem pendingin. Dengan perawatan ini, sistem pendingin akan lebih awet dan kinerja nya pun akan terus maksimal dalam jangka waktu lama.

Jika Anda masih belum mengetahui tentang cara vakum AC sendiri, ketahuilah bahwa pengetahuan tentangnya perlu dimiliki. Itu karena, kondisi uang yang lebih awet akan didapat jika pengetahuan tentang cara memvakum AC sendiri ini diketahui. Tapi ingat, perhatikan lah tahapan yang kami berikan dengan baik agar Anda tidak kesulitan saat memvakum AC sendiri.

Memvakum AC dengan Alat

Cara pertama dalam memvakum AC adalah dengan menggunakan alat. Bisa dibilang, cara ini jauh lebih mudah daripada tanpa menggunakan alat. Tapi memang, Anda perlu memiliki dulu alat vakum nya.

  1. Persiapkan lah alat alat untuk memvakum AC tersebut. Sebenarnya alat alat tersebut pun tidak terlalu banyak yaitu manifold, mesin vakum, dan kunci L.
  2. Selanjutnya, pasang selang manifold pada pentil outdoor dan jangan lupa juga untuk memasangkan satu lagi ke mesin vakum.
  3. Jika keduanya telah terpasang, buka tutup manifold tersebut dan nyalakan mesin vakum.
  4. Untuk proses standar, lakukan lah proses vakum ini selama 30 menit. Tapi ketahuilah, hasil yang lebih baik akan didapat untuk proses vakum yang lebih lama.
  5. Jika proses vakum telah selesai, matikan mesin vakum tersebut dan tutup kembali katup manifold nya.
  6. Tunggu beberapa saat dan pastikan bahwa jarum manifold nya stabil. Jika jarum tersebut malah naik, dapat dipastikan bahwa terdapat kebocoran pada AC.
  7. Apabila jarum tersebut tidak bergerak, sekarang adalah waktu yang tepat untuk membuka dua katup outdoornya.

Sekarang, proses memvakum AC dengan memakai alat telah selesai. Tapi, apa yang perlu dilakukan jika alat vakum tersebut tidak dimiliki? Apakah tidak bisa memvakum AC tanpa alat? Jawabannya tentu tidak. Itu karena, ada juga cara untuk memvakum AC tanpa alat vakum tersebut.

Cara vakum AC tanpa Alat

Bisa dikatakan cara ini memang jauh lebih sulit dari cara memvakum AC dengan memakai alat. Tapi walaupun begitu, akan lebih baik jika memilih untuk merasakan kesulitan tersebut jika keberatan harus menyewa tukang vakum AC yang biasanya mematok harga cukup sulit. Untuk itu, berikut kami berikan tahapan tahapan tersebut.

  1. Ingat, maksud tanpa alat ini adalah tanpa alat vakum itu sendiri. Tapi, alat alat lain seperti kunci inggris dan kunci L masih harus tetap dipersiapkan. Untuk itu, persiapkan lah kedua alat tersebut ketika Anda hendak memvakum AC tanpa alat.
  2. Ketika alat alat di atas telah dipersiapkan, ada 2 hal yang perlu dipastikan terlebih dahulu. Pertama, pastikan bahwa AC outdoor telah terpasang. Kedua, pastikan bahwa pipa neuple tidak terpasang di katup.
  3. Apabila 2 kondisi tersebut telah dipastikan, mulai lah menyalakan AC. Lanjutkan dengan menutup katup hisap pipa yang berukuran besar. Setelah itu, biarkan pipa kecil menjadi satu satunya pipa yang mengeluarkan air. Tunggu hingga angin yang dikeluarkan habis.
  4. Selanjutnya, tutup lah katup pendorong hingga benar benar rapat lalu matikan lah AC.
  5. Di akhir, pasangkan lah pipa pipa yang sebelumnya dilepas seperti pipa neuple, ¼, dan ¾. Ingat, selalu pastikan bahwa pipa pipa tersebut rapat agar tidak sampai terjadi kebocoran.

Jika semua tahapan tahapan di atas telah diikuti seluruhnya, cobalah untuk kembali menyalakan AC. Ingat, perhatikan lah sambungan sambungan pipa tersebut dan pastikan bahwa tidak terdapat kebocoran. Jika ada, matikan lah dahulu AC dan rapatkan lah sambungan sambungan pipa yang mengalami kebocoran.

Dengan ini, seluruh tahapan dalam memvakum AC sendiri sudah selesai. Memang, banyak yang mengatakan jika tahapan dengan memakai alat lebih mudah. Namun, ada beberapa orang yang tidak menyetujuinya. Justru, beberapa orang merasa bahwa cara vakum AC tanpa alat lebih mudah. Jadi untuk itu, ada baiknya mencoba terlebih dulu kedua alat tersebut.

Open chat
1
Hello,
ada yang bisa kami Bantu?
Powered by