Breaking News
Home » NEWS » Mengenal Komponen Ac Dan Penyedia Jasa Service Ac Jatiwaringin

Mengenal Komponen Ac Dan Penyedia Jasa Service Ac Jatiwaringin

Setelah berpanas-panas di luar ruangan Anda tentu ingin segera masuk ke dalam rumah dan merasakan hawa sejuk dari pendingin ruangan alias AC. Tetapi ternyata setelah memencet tombol on udara dingin tak juga berhembus. Tentu saja kondisi ini akan sangat menyebalkan padahal bisa jadi ini merupakan kesalahan pemilik rumah yang tak menyervice AC dengan teratur dan kurang merawat AC di rumah. Perlu diketahui bahwa gangguan pada salah satu komponen AC bisa menyebabkan AC tak bisa menghembuskan hawa dingin sebagaimana yang kita kehendaki. Bila sudah demikian tentu saja Anda harus segera memanggil bantuan professional yaitu jasa service ac jatiwaringin. Meskipun demikian tak ada salahnya jika mengenal komponen-komponen pada AC dan kerusakan yang sering terjadi.

service ac jatiwaringi
service ac jatiwaringi

Bagian-bagian penting AC dan kerusakan yang sering terjadi menurut service ac jatiwaringin

Inilah beberapa komponen penting pada AC, fungsinya sekaligus kerusakan yang sering terjadi pada bagian tersebut.

Evaporator – Fungsi komponen ini adalah untuk mengubah cairan freon menjadi gas dingin dan pada perangkat inilah berlangsung proses pendinginan cairan freon. Gangguan yang terjadi bisa  dipicu dari kotoran yang menumpuk hingga menyebabkan keropos atau korosi. Untuk mengantisipasinya Anda  harus melakukan pencucian AC secara rutin paling sedikit 3 bulan sekali pada penyedia jasa service ac jatiwaringin.

Thermostat – Komponen ini bertugas untuk menyalurkan daya listrik secara otomatis menuju kompresor. Bagian sensor pada alat ini akan merespon suhu pada evaporator sesuai dengan setting awal yang dilakukan. Bila thermostat mengalami gangguan atau tak berfungsi, evaporator bisa membeku karena arus listrik tak dapat diputus secara otomatis. Anda akan mengetahui bahwa alat ini mengalami kerusakan   bila asap keluar dari kisi-kisi AC dan selain itu ada air menetes seperti embun dan evaporator.

Dryer – Alat ini bentuknya seperti tabung dan berguna untuk menyimpan freon sementara yang telah dicairkan oleh kondensor untuk kemudian disalurkan ke evaporator. Dryer juga berfungsi untuk  menyaring kotoran pada system sirkulasi AC. Gangguan yang umum terjadi adalah sumbatan karena tumpukan kotoran yang terbawa oleh kondensor. Kerusakan pada dryer akan  menyebabkan suhu AC berubah-ubah atau tak  stabil.

Katup ekspansi/Expansion  Valve – Manfaat alat ini adalah untuk menyemprot cairan freon dari dryer menuju evaporator  dengan tekanan dan temperature yang rendah.  Bila dryer mengalami gangguan, komponen katup ekspansi juga bisa rusak termasuk evaporator yang  terkeda  imbas kotorannya.

Kipas kondensor – Komponen ini berfungsi sebagai pendingin kondensor karena suhu panas refrigerant di dalamnya. Bila putaran kipas berkurang penyebabnya biasanya karena motor listrik sudah lemah atau system kelistrikan yang terganggun.

Kompresor – Alat ini bertugas untuk menekan cairan freon menuju kondensor dan kerusakan yang sering terjadi adalah kebocoran, magnet yang  melemah pada komponen tersebut, serta oli di dalam kompresor yang berkurang.

Bila AC di rumah  mengalami gangguan segera hubungi service ac jatiwaringin untuk penanganan lebih lanjut!