Home » Penyebab Ac Tidak dingin Karena Habis Freon

Penyebab Ac Tidak dingin Karena Habis Freon

Penyebab AC Tidak Dingin Karena Freon Habis/Bocor

Ada banyak faktor yang menjadikan AC tidak dingin, salah satunya yaitu freon AC mengalami kebocoran atau habis. Bahan utama untuk pendingin AC yaitu freon, sehingga freon memiliki peran yang sangat penting untuk selalu diperhatikan secara berkala. Apabila pendingin ini kurang atau bahkan habis maka hal ini menjadikan aliran udara  pada AC tidak terasa dingin.

Dalam kondisi seperti ini, maka AC tidak memiliki peran sebagai pendingin ruangan namun hanya memiliki fungsi sebagai kipas saja. Kerusakan pada freon, baik itu kebocoran atau habis bisa disebabkan karena berbagai faktor. Selain mengetahui faktor penyebab kebocoran atau pendingin yang cepat habis Anda juga bisa mengenalinya melalui tanda-tanda yang ditunjukkan.

Ciri Freon Ac yang Bocor Atau Habis

Percuma saja jika Anda menyalakan AC apabila freon dalam AC kurang maupun habis. Selain tidak memberikan efek dingin pada ruangan ternyata menyalakan AC dalam kondisi freon habis juga dapat memakan konsumsi listrik. Tentu hal ini akan sangat merugikan bukan? Untuk mengetahui tanda atau ciri mengenai freon AC yang bocor atau habis sangat mudah dikenali.

Baca Juga: Jasa Service Ac Bergaransi

Ciri yang ditunjukkan biasanya menimbulkan suara mendesis, bagian pipa AC mengalami pembekuan es, dan ada tetesan air yang keluar dari AC karena kebocoran yang terjadi. Jika kondisi ini dibiarkan dalam jangka panjang, maka udara yang terhirup dapat membahayakan kesehatan tubuh misalnya gangguan pada pernafasan bahkan hingga kematian.

Penyebab AC Tidak Dingin Karena Freon Habis Atau Bocor

Banyaknya faktor yang menjadikan freon habis atau bocor membuat Anda harus melakukan pengecekan secara rutin atau melakukan servis. Selain itu pemilihan tipe freon yang Anda miliki juga harus tepat. Untuk itu Anda bisa mengkonsultasikan pada teknisi AC untuk bisa meminimalisir terjadinya kerusakan pada AC yang dapat menimbulkan kebocoran.

Berikut ini penyebab freon AC yang habis atau bocor:

1. Sambungan pipa mengalami kebocoran 

Sambungan pipa yang mengalami kebocoran biasanya disebabkan ketika pemasangan dilakukan dengan cara yang tidak benar. Hal ini bisa menimbulkan pengembangan pada bagian pipa dan beresiko pecah. Cara untuk mengatasinya yaitu dengan menggantinya dengan pipa yang baru. Namun jika kerusakan pipa akibat kendor Anda bisa mengencangkan pada bagian sambungan pipa saja.

2. Adanya kebocoran pada unit outdoor atau kondensor pipa

Kebocoran pada unit outdoor atau kondensor pipa disebabkan karena usianya yang sudah lama sehingga memunculkan karat dan keropos. Kebocoran pada bagian ini bisa Anda lihat dari minyak seperti oli yang dikeluarkan dari pipa. Cara mengatasinya, Anda harus memanggil teknisi AC, karena mengatasi hal ini membutuhkan pengelasan pada bagian titik yang mengalami kebocoran.

3. Pipa AC sudah tidak layak pakai

Kondisi pipa AC yang sudah tidak layak pakai namun terus dipaksakan bisa menimbulkan kebocoran. Tanda yang seringkali mudah dikenali yaitu terdapat bercak hitam dan rembesan oli. Dalam kondisi seperti ini, Anda tidak disarankan mengelas bagian pipa yang bocor maupun menyambungnya, karena hal ini bisa berisiko kebocoran di kemudian hari. 

Cek: Biaya Tambah Freon Ac

Solusi untuk memperbaikinya yaitu menggunakan pipa AC tanpa sambungan dan tebal pipa AC harus disesuaikan pada kapasitas PK AC

Pada saat Anda ingin menggunakan jasa teknisi AC, sangat disarankan untuk memilih teknisi yang berpengalaman dan sudah memiliki reputasi baik. Jasa service AC yang paling direkomendasikan yaitu Rafif teknik yang sudah berpengalaman dalam dunia AC. Sehingga kemampuannya tidak perlu diragukan. Bahkan para konsumennya diberikan garansi selama 30 hari sebagai rasa tanggung jawab terhadap pekerjaannya.

Open chat
1
Hello,
ada yang bisa kami Bantu?
Powered by