Breaking News
Home » NEWS » Tukang AC Bogor: Hal-Hal Sederhana Yang Membuat AC Rusak

Tukang AC Bogor: Hal-Hal Sederhana Yang Membuat AC Rusak

Kebutuhan akan pendingin ruangan memang semakin meluas mengingat iklim di tanah air yang gerah dan lembab sehingga tidak nyaman untuk beraktifitas harian. Beberapa jenis AC bahkan mempunyai beragam manfaat lebih seperti membuat udara menjadi lebih bersih serta memusnahkan beberapa mikroorganisme parasit. Tetapi di balik manfaatnya yang besar bagi kita kadang-kadang memang terjadi masalah pada perangkat elektronik tersebut yang ditandai dengan tak dapat menghembuskan hawa dingin, meneteskan air, mengeluarkan suara berisik yang cukup mengganggu, atau mengeluarkan bau tidak sedap. Lalu apa sebenarnya yang  bisa membuat AC di rumah rusak? Berikut ini adalah informasi dari jasa penyedia service AC yaitu  tukang ac bogor.

 

tukang ac bogor
tukang ac bogor

Penyebab AC rusak dari tukang ac bogor

Inilah beberapa penyebab sederhana mengapa AC di rumah Anda mengalami kerusakan.

Kotoran menumpuk

Salah satu penyebab paling umum kerusakan pendingin ruangan adalah debu atau kotoran yang menumpuk di dalam unit AC. Kotoran tersebut akan menyumbat saluran pembuangan air sehingga air bocor dari unit AC. Ada akibat lain yang lebih berbahaya bila kebersihan pendingin ruangan ini kurang dijaga yaitu udara yang dihembuskan menjadi kotor dan bisa mengganggu kesehatan  penghuni rumah. Penyebabnya, tumpukan kotoran adalah lingkungan yang sangat baik  untuk berkembangnya jamur dan bakteri. Inilah sebabnya setiap 3 bulan sekali hubungi jasa tukang ac bogor yang dapat melakukan pembersihan pada bagian saringan udara, blower, serta evaporator pada AC di rumah Anda.

Kebocoran freon

Kebocoran freon bisa terjadi karena masalah pada kapasitor atau instalasi pipa yang kendor. Anda bisa melakukan pemeriksaan dengan memperhatikan apakah terdapat bekas oli pada area yang bocor.

Pemasangan AC yang kurang tepat

Sayangnya kondisi yang ketiga ini seringkali luput dari penanganan saat perbaikan AC dirumah. Yang sering terjadi AC bisa mengalami kebocoran karena dipasang dengan posisi yang kurang tepat yaitu sehingga air tak dapat tertampung pada tempat yang tersedia. Posisi ideal dalam memasang pendingin ruangan adalah agak miring ke bagian belakang dan mengarah ke luar. Posisi yang kurang tepat juga membuat lantai ruangan di bawah AC tersebut selalu basah.

Untuk mengantisipasi kondisi sebagaimana yang telah diulas di atas, pertama AC harus dipasang dengan benar. Selain   itu jangan lupa untuk melakukan perawatan rutin AC berupa pembersihan baik pada bagian dalam atau pun bagian luar. Bila melakukannya sendiri dirasa merepotkan Anda bisa menggunakan penyedia jasa yang professional seperti tukang ac bogor. Selain itu AC juga harus disservice total setiap setahun sekali untuk memeriksa apakah ada kerusakan yang harus segera ditangani. Nah, tak sulit, bukan?

Semoga informasi di atas bisa menjadi referensi yang bermanfaat untuk Anda dan keluarga.